FILEP KARMA

by Madeali


Saya mengenal perjuangan Filep Karma dengan agak utuh dari naskah cekgu Andreas Harsono bertajuk Belajar Dari Filep Karma  juga pernah terbit pertama kali atau barangkali satu-satunya di Majalah Bahana Mahasiswa dengan judul yang sama.

@Karya Filep Karma. Foto itu ia buat dari bilik penjara di Papua. Foto itu karikatur Ari Mashuri Bahana, dilukis ulang Pak Filep Karma.

Pemerintah Indonesia era Susilo Bambang Yudhoyono menangkap Filep Karma karena dituduh melakukan “makar”, padahal Filep Karma hendak memperjuangkan bangsa Papua dari kolonialisme Indonesia, salah satu bentuk juangnya menyadarkan bangsa papua tentang human rights bangsa Papua yang dilanggar oleh Indonesia.

Ini salah satu pidato bertajuk Filep Karma, Freedom for West-Papua speach, 2004Gara-gara video itu, tanpa pengadilan resmi  ia dianggap “makar”. Kini ia dibalik jeruji salah satu penjara di Papua, dengan ancaman 15 tahun penjara. Ia tanpa melakukan kekerasan memperjuangkan bangsa Papua untuk menentukan nasib bangsanya sendiri.