Derek Adii dibunuh Tentara

by Madeali


@ Indo Barometer

Indo Barometer buat survei nasional di 33 propinsi selama sepuluh hari soal, dengan jumlah responden 1.200 orang. Lihat sites Indo Barometer Evaluasi 13 tahun Reformasi dan 18 bulan pemerintahan SBY – BOEDIONO. Paling mengejutkan, salah satu hasil survei, mantan presiden diktatorIndonesia alm Soeharto adalah presiden yang paling disukai publik dan presiden yang paling berhasil menurut publik. Ia mengungguli empat presiden era reformasi.

Foto dari pelapor Yones Douw. Foto itu adalah Derek Adii.

Publik juga tidak puas atau tidak puas sama sekali 13 tahun reformasi. Mayoritas responden mengatakan belum terpenuhi adanya Pengakuan dan Penghormatan terhadap hak asasi Manusia (ham) yang lebih baik. Juga berbanding lurus dengan pengusutan secara tuntas kasus Kerusuhan mei 1998, responden juga mayoritas mengaku belum terpenuhi. 

Foto dari pelapor Yones Douw. Foto itu adalah Derek Adii.

Evaluasi kepuasan terhadap kinerja SBY -BOEDIONO , paling rendah salah satunya bidang hukum untuk kategori berbagai bidang. Saya duga, ternyata soalan bidang hukum dan Ham 13 tahun reformasi tidak berjalan sesuai amanat reformasi. Reformasi gagal? Ironisnya, di tengah bangsa Indonesia peringati 13 tahun reformasi, Derek Adii (26) warga Papua ditembak anggota TNI Kodim 753 Nabire Papua pada 14 Mei 2011, lihat Kompasiana.com.

Saya juga sepakat pada responden yang tidak puas terhadap penegakan hukum dan ham di Indoensia.