Budi Indra Setiawan dari IPB, Pendapat Pakar (12)

by Madeali


  • Pendapat Pakar,
  • Prof. Dr. Budi Indra Setiawan, Ahli Fisika Tanah IPB

Berdasarkan paparan yang telah disampaikannya dan pendalaman Tim Mediasi dapat dinyatakan bahwa pendapat Prof. Budi sebagai berikut:

  1. Data primer hasil penelitian pada lahan gambut yang ditanamai HTI Akasia Crassicarfa di Sumatera Selatan menunjukkan: terjadi penaikan dan penurunan permukaan tanah tergantung pergerakan permukaan air tanah (water level).
  2. Data primer hasil penelitian pada lahan gambut yang ditanamai HTI Akasia Crassicarfa di Sumatera Selatan menunjukkan: terjadi penambahan biomassa ke lahan sebesar 60%, sedangkan biomassa yang diangkut ke luar lahan sebesar 40%. Artinya, HTI Akasia Crassicarfa di lahan gambut bisa mengurangi penurunan tanah bahkan menaikan permukaan tanah (Data disajikan pada Lampiran..).
  3. Tidak ada satu pun negara di dunia kecuali di Indonesia yang melarang penggunaan lahan gambut untuk kebun, HTI dan lain-lain.
  4. HTI yang ditujukan untuk pulp dan kertas memiliki arti strategis yang positif bagi kemajuan bangsa Indonesia, baik dari segi ekonomi, pendidikan dan budaya masyarakat.
  5. Teknologi pengelolaan gambut yang lestari masih dalam proses penelitian, karena untuk menyatakan pengelolaan itu lestari butuh penelitian jangka panjang. Walaupun demikian, tidak berarti masyarakat dilarang memanfaatkan lahan gambut.