BEBASKAN AKTIVIS WALHI DAN PETANI SUMSEL – Surat Terbuka Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil Riau

by Madeali


Hari ini tanggal 29 Januari 2013, kembali terjadi tindakan kekerasan dan penangkapan yang dilakukan oleh aparat Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) kepada Petani dan sejumlah aktivis. Tragedi ini terjadi ketika para petani dan sejumlah aktivis sedang melakukan aksi atas sejumlah kasus pertanahan di MAPOLDA Sumatera Selatan. Saat ini tercatat ada 26 orang yang terdiri dari petani dan aktivits termasuk Saudara Anwar Sadat Direktur WALHI Sumatera Selatan selain ditangkap juga mengalami luka dikepala akibat panganiayaan dari Polisi.

Melihat perkembangan yang sangat memprihatinkan dalam sengketa pertanahan di  Indonesia dewasa ini dimana kualitas dan kuantitas konflik pertanahan tersebut semakin meningkat dan selalu diiringi dengan tindak kekerasan serta penangkapan yang selalu masyarakat sipil yang menjadi korban, maka kami segenap elemen masyarakat sipil yang peduli pada nasib petani, lingkungan hidup, demokrasi dan HAM menyampaikan, KEPADA ;

  1. Presiden RI untuk Segera melakukan evaluasi terhadap izin-izin perusahaan yang berkonflik maupun yang berpotensi konflik dengan masyarakat.
  2. KAPOLRI segera MEMBEBASKAN para tahanan dan mencopot KAPOLDA Sumatera Selatan dan KAPOLRES Ogan Ilir dari jabatannya sebagai bentuk tanggungjawab tugas serta mengusut tuntas peristiwa  kekerasan 29 Januari 2013.
  3. KOMNAS HAM, KOMPOLNAS dan LPSK untuk secepatnya melakukan Investigasi serta dalam waktu singkat mengeluarkan rekomendasi hasil investigasinya.
  4. DPR-RI untuk mendesak Pemerintah segera melaksanakan Reforma Agraria yang berpihak kepada Rakyat.
  5. Seluruh Petani Indonesia khusunya di Sumatera Selatan, kami akan selalu mendukung segala upaya perjuangan yang dilakukan untuk melindungi dan mempertahankan lingkungan hidup, hak atas tanah, serta sumber-sumber kehidupannya.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

 

Pekanbaru, 29  Januari 2013

Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil Riau :

WALHI RIAU, JIKALAHARI, SPI-Riau, SCALE UP, LBH-PEKANBARU, KBH-RIAU, PERKUMPULAN ELANG, KALIPTRA SUMATRA, SPKS – RIAU,  JMGR, FOPERSMA

 

Sekertariat : GREEN HOUSE Jl. Katio No.03 Tangkerang Tengah Pekanbaru.

Kontak Person :

Hariansyah Usman 0812 76699967

Made Ali  081270906371