Setahun Menikah

by Madeali


November 2014. Bulan spesial buat saya dan Yofika Pratiwi Saragih: Jumat 7 November saya berusia 30 tahun. Sabtu 8 November setahun usia pernikahan kami sebagai suami istri.

Kado ulang tahun dari Yofika Pratiwi di 30 tahun.

Kado ulang tahun dari Yofika Pratiwi di 30 tahun.

Saya mengalami semacam sesuatu yang tak saya pikirkan, namun ia terjadi.

Cake ulang tahun 30

Cake ulang tahun 30

November 2013. Saat merayakan bulan madu: dari Kualanamu terbang ke Singapura-Malaysia dan kembali ke Pekanbaru.

Bulan Madu ke luar negeri tak pernah terbayang. Namun istri saya, iseng-iseng merencanakan bulan madu ke luar negeri, cek sana- cek sini, eh dapat tiket murah Rp 1,7 juta (PP) dengan pesawat Air Asia dan Tiger Air. Sebelum menikah, kami sudah membeli tiket.

Pakaian Melayu Deli, salah satu pakaian saat pernikahan kami

Pakaian Melayu Deli, salah satu pakaian saat pernikahan kami

Di bandara Kualanamu saya sempat dibawa ke kantor imigrasi. Saya dikira TKI lantaran pasport saya gunakan 24 halaman. Saya cuma bilang, saya buat paspor 24 halaman saat ke Melbourne Australia pada Oktober-Novermber 2011, dan saya tak pernah berpikir akan ke luar negeri lagi. Saya juga bilang sedang bulan madu.

Pakaian Adat Simalungun

Pakaian Adat Simalungun

Kami tiba di Bandar Udara Internasional Changi pada 11 November 2013. Ia tentu bandara yang besar sekali dan terintegrasi dengan perbelanjaan, transportasi kereta api cepat MRT dan lainnya dan transportasi lainnya.

Changi Airport International, Singapura

Changi Airport International, Singapura

DSC02811

Kami menikmati: transportasi yang mudah bisa dengan bus dan kereta api cepat, disiplin warga Singapura dan tata ruang bangunan di tengah kota yang memberi ruang bagi pejalan kaki termasuk kebersihan. Semua itu belum saya dapatkan di Riau, Indonesia.

Minum air dari Merlion @Made

Minum air dari Merlion @Made

 Cha membelakangi salah satu ikon marina bay @Made


Cha membelakangi salah satu ikon marina bay @Made

Marina bay singapura @Made

Marina bay singapura @Made

Pesiar Singapur@Made

Pesiar Singapur@Made

 

Kami menginap di daerah Middle Road 21 di sebuah hotel yang bersih dan mahal sekali untuk ukuran Indonesia. Esoknya, kami berkunjung ke Merlion Park tentu saja menikati pemandangan Marina Bay dan juga mengelilingi wahana di Universal Studio.

Cha menikmati keindahan Marina Bay @Made

Cha menikmati keindahan Marina Bay @Made

Jalan pinggiran menuju Patung Merlion @Made

Jalan pinggiran menuju Patung Merlion @Made

Membelakangi Merlion Park, Nov 2013 @Made

Membelakangi Merlion Park, Nov 2013 @Made

Merlion Park Singapura @Made

Merlion Park Singapura @Made

Pesiar mengabadikan momen di Singapura @Made

Pesiar mengabadikan momen di Singapura @Made

Kami lanjut ke Malaysia menggunakan bus dari Golden Mile Complex di Beach Road melewati Imigrasi Komplek Sultan Abu Bakar, menuju Kuala Lumpur.

Akhirnya tiba di Genting Highland @Made

Akhirnya tiba di Genting Highland @Made

Belanja barang murah di petaling street Malaysia @Made

Belanja barang murah di petaling street Malaysia @Made

Di dalam gondola menuju genting highland@Made

Di dalam gondola menuju genting highland@Made

Dorayaki di Genting Highland @Made

Gedung di atas Genting Highland Malaysia @Made

Gedung di atas Genting Highland Malaysia @Made

Genting Highland menawarkan penginapan dan hiburan lainnya @Made

Genting Highland menawarkan penginapan dan hiburan lainnya @Made

Gondola menuju Genting Highland Malaysia @Made

Gondola menuju Genting Highland Malaysia @Made

Roti Canai Malaysia @Made

Roti Canai Malaysia @Made

 

Di Malaysia kami menginap di daerah Bukit Bintang: Melihat menara kembar Petronas, menikmati pemandangan hutan alam dari atas Genting Highland, China Town di Petaling Street. Disiplin warga Malaysia juga sama dengan Indonesia, kerap menabrak lampu merah. Hanya saja jalan raya di Malaysia lebar dibanding Indonesia.

Jalan Yukkkkk @Made

Jalan Yukkkkk @Made

20131109_093954

Di Bukit Bintang layanan seks bisa anda dapatkan@Made

Di Bukit Bintang layanan seks bisa anda dapatkan@Made

Di dalam Gedung kembar Petronas @Made

Di dalam Gedung kembar Petronas @Made

Kemegahan Petronas Malaysia @Made

Kemegahan Petronas Malaysia @Made

Petronas di malam hari

Petronas di malam hari

Salah satu agama di Singapura @Made

Salah satu agama di Singapura @Made

Universal studio singapura @Made

Universal studio singapura @Made

Wahana hiburan di Genting Highland @Made

Wahana hiburan di Genting Highland @Made

Novermber 2014. Hal yang tak terbayang lainnya. Saya diundang oleh David E. Kaplan, Executive Director Global Investigative Journalism di Manila 21-25 November untuk menjadi pembicara bersama Ben Skinner dalam panel The Business of Slavery. Saya bersama Nurhasan Hamzah membantu Ben Skinner liputan di Riau dan Kalimantan soal perbudakan di rantai pasukan palm oil industry.

Metta memberi buku pada Ben Skinner

Saya sempatkan foto dengan David E Kaplan

Saya sempatkan foto dengan David E Kaplan

Pembukaan UNCOVERING ASIA

Pembukaan UNCOVERING ASIA

Selama perjalanan dari NAIA Manila menuju Ortigos Avenue saya satu mobil dengan Yuli Ismartono (wartawan senior tempo dan wakil pemred Tempo English), Metta Dharmasaputra (kata data dan penulis buku Saksi Kunci) dan Eni Mulia (Direktur Eksekutif PPMN). Saya sempat merinding, mendengar cerita Mbak Yuli bahwa orang Philipina bebas bawa senjata dan bisa saling membunuh. Saya juga ketemu mas Yulia Supadmo (produser senior Kompas Tv) dan Nivell Rayda (Jakarta Globe). Saya senang bisa ikut Uncovering Asia: The First Investigative Journalism Conference.

Saya juga sempatkan foto dengan Ben Skinner

Saya juga sempatkan foto dengan Ben Skinner

DSC05960

DSC05949

 

intromuous Philipines

Usia 30 tahun dan setahun pernikahan tentu tak mudah menjalaninya: bertengkar kecil, keras kepala, emosi dan egois kerap masih melanda rumah tangga kami. Tentu ada cerita lainnya: kami kerap masak bersama, nyuci baju dan piring bersama, nonton bioskop, plesiran sekali-kali dan ritual tiap bulan yaitu merayakan hari jadian saat pacaran.

Doa saya, mengikut petua Pramoedya Ananta Toer: “Seorang Terpelajar Harus Berlaku Adil Sejak Dalam Pikiran, Apalagi Dalam Perbuatan.” #