Gatekeeper Dalam The Firm

by Madeali


The Firm karya John Grisham. @Made

The Firm karya John Grisham. @Made

The Firm setebal 709, karya ke 2 dari 22 buku karya John Grisham, penuh ketegangan saat seorang Pengacara muda dari keluarga miskin direkrut oleh biro hukum karena kecerdasarnnya di bangku kuliah, mengetahui biro hukum tersebut bukan milik para partner.

“Sinisme. Bisnis ini akan mempengaruhimu. Di sekolah hukum kau punya cita cita mulia bagaimana seharusnya menjadi seorang pengacara. Pembela hak hak individu, pengawal konstitusi, pembela yang tertindas, pembela prinsip klienmu. Sesudah enam bulan praktek, kau akan menyadari, kita tak lebih dari senjata sewaan. Untuk dijual kepada mereka yang memberikan tawaran tinggi, tersedia untuk siapa saja, penjahat mana saja, bajingan mana saja yang punya cukup uang untuk membayar upah kita yang luar biasa besar. Pekerjaan ini dipandang sehagai profesi terhormat, tapi kau akan menjumpai begitu banyak pengacara licik, sampai kau ingin berhenti dan mencari pekerjaan jujur. Yeah, Mitch, kau akan menjadi sinis. Sungguh menyedihkan,” kata Lamar Quin pada Mitch di meja makan di rumah Lamar.
“Seharusnya jangan kau ceritakan hal ini pada tahap karirku.”
“Uang layak sebagai imbalan. Sungguh menakjubkan betapa kau bisa bertahan dalam pekerjaan yang menjemukan dengan imbalan dua ratus ribu dolar setahun.”
“Menjemukan? Kau membuatnya kedengaran begitu mengerikan,”
“Maaf tidak seburuk itu. Pandangan hidupku berubah secara radikal Kamis lalu.”

Kamis lalu dua anggota biro hukum Bendini, Marty Kozinski dan Joe Hodge tewas di grand Cayman saat berscuba diving. Terjadi ledakan di kapal. Marty kozinski, teman terbaik Lamar.

Dalam kurun waktu dua puluh lima tahun ada lima orang pengacara menemui ajalnya.

Alice knauss, 1948-1977. Tewas saat kecelakaan mobil oleh sopir mabuk. Dia selalu menentang segala hal, mengira semua lelaki meremehkan perempuan dan menjadi tugas hidupnya untuk menghancurkan diskriminasi.

Robert Lamm. Pada 1927, dia berburu rusa di arkansas dan menghilang. Sebulan kemudian mereka menemukannnya dalam jurang, dengan sebuah lubang menembus kepalanya. Peluru itu ditembakkan dari senapan kaliber besar jarak jauh. Bisa jadi kecelakaan, tapi tak ada yang tahu pasti.

John Mickel, 1950-1984. Dia banyak minum dan mulai memakai obat bius. Ia cerai dengan istrinya, mabuk mabukannya makin hebat. Dia menulis surat perpisahan sepanjang tujuh halaman sebelum menembak kepalanya sendiri. Dia takut tak jadi partner. Biro mengeluarkan banyak uang untuk perawatan, rehabilitasi dan segala usaha.

Kematian mereka bukan kebetulan.

The Firm and Gatekeeper. @Made

The Firm and Gatekeeper. @Made

Mithell Y McDeere. Punya otak, ambisius, dan penampilan yang baik. Ia memenuhi semua syarat yang diinginkan biro: sudah menikah, sangat benci perceraian, kebiasaan main perempuan dan mabuk mabukkan. Ia punya gelar dibidang akuntansi lulus ujian certified public accounting. Ia ingin menjadi pengacara pajak. Ia lulusan Harvard.

Biro hukum Bendini, Lambert dan Lock, bersikap tertutup, ekaklusif dan tak pernah mengiklankan lowongan kerja. Biro hukum ini memang muda, karena kebanyakan partnernya pensiun pada umur empat puluhan atau awal lima puluhan dengan uang berlimpah-limpah, cukup untuk dibakar. Biro ini sedikit obligasi, real estate dan perbankan, 80 persen berkaitan dengan perpajakan.

Biro Memphis, salah satu biro milik mereka. Empat puluh pengacara. Angka pendapatan per pengacara lebih besar daripada biro manapun seukuran Bendini di Memphis, maupun yang lebih besar. “Kami hanya mengambil klien klien kaya–badan hukum, bank bank, dan perorangan yang kaya dan bersedia membayar jasa kami tanpa pernah mengeluh. Kami mengembangkan keahlian khusus dalam bidang perpajakan internasional, dan ini sangat menarik sekaligus menguntungkan. Kami cuma berusaha dengan orang orang yang bisa membayar,” kata Oliver Lambert pada Mitch saat ia diterima bergabung.

Mitch akan dibayar gaji pokok tahun pertama 80 ribu dolar tahun pertama, plus bonus. 85 ribu tahun kedua plua bonus. Pinjaman bunga rendah agar bisa beli rumah. Keanggotaan pada dua country club. Dan sebuah mobil BMW baru.

Mitch menerima tawaran itu biro hukum Bendini di memphis. Gedung biro hukum bendini dibeli pada 1951 pengacara pajak agreaif Antony Bendini.

Mitch lolos ujian praktek dengan nilai tertinggi. Seminggu setelah namany dimuat di surat kabar, ia duduk sendiri di sebuah meja di belakamg kedai dan makan hotdog pedas dengan garpu. Seorang tak dikenal mendekatinya, Wayne Tarrance, agen khusus FBI.

Tarrance memperingatkan mitch. Nomor satu, jangan percaya pada siapapun. Kau tak bisa mempercayakan rahasiamu kepada siapapun di biro itu. Kedua, setiap kata yang kau ucapkan, apakah di rumah, di kantor, atau dimanapun dalam gedung itu, kemungkinan besar direkam. Bahkan mereka mendengarkan juga dalam mobilmu. Ketiga, uang tidak tumbuh di pohon. “Kematian hodze dan kozinski bukan kecelakaan.”

Avery Tolar partner senior mengajak mitch mewakili klien sonny capps dan tiga klien lain untuk menemui bebrapa bankir di Grand Cayman, kepulauan Cayman yang terdiri atas Grand Cayman, Little Cayman dan Cayman Brac. Georgetown yang jadi ibu kotanya, menjadi surga pajak internasional dengan para bankir tertutup. Tak ada pajak pendapatan, pajak pwrseroan, pajak keuntungan atau pajak hak milik. Beberapa perusahaan dan investasi terentu diberi jaminan bebas pajak selama lima tahun terakhir. Kepulauan ini adalah teritori inggris yang sudah merdeka, dengan pemeeintahn stabil. Pedapatannya dari bea masuk dan pariwisata. Tak ada kejahatan dan pelanggaran.

Mitch menemukan fakta, berdasarkan hasil penyelidikan FBI dibawah Denton Voyles. Tak seorang pengacara pun pernah meninggakkan biro hukum itu dalam keadaan hidup. Sekali seorang pengacara bergabung dengan Bendini, Lambert and Locke, dia tidak akan pernah keluar, kecuali pension dan tutup mulut. Saat pensiun mereka sudah menjadi bagian dari konspirasi dan tak bisa lagi bicara. Biro hukum ini lebih dari sekedar biro hukum. Dia salah satu divisi dari satu bisnis yang amat besar, bisnis yang sangat menguntungkan. Bisnis yang sangat illegal.

Biro hukum ini bukan milik para parner. Biro hukum Bendini, Lambert and Locke dimiliki keluarga criminal Morolto di Chicago. Milik Mafia. Mereka mengendalikannya dari sana. Penggelapan pajak. Mereka mengerjakan semua laporan pajak bagi keluarga Morolto.

Mereka menyiapkan laporan pajak dengan rapi dan tampak beres setiap tahun, dan melaporkan sebagian kecil dari pendapatan mereka. Mereka mencuci uang kotor seperti kesetanan. Mereka mendirikan bisnis-bisnis legal dengan uang kotor di bank Commercial Guaranty milik mafia.

Morolto diperkirakan mengeduk pendapatan sebanyak tiga ratus juta setahun dari perjudian, perdagangan obat bius, undian dan segalanya. Untuk memuluskan aksinya Biro hukum ini menyuap FBI, merekrut polisi dan menyuap siapapun yang hendak melawan mereka.

Hanya Mitch yang bisa membongar kejahatan luar biasa tersebut dari dalam biro tersebut. Ketegangan mulai terasa saat Mitch perlahan membongkar kasus ini: ia melakukannya tanpa bisa ditebak, bahkan FBI sekalipun. Bagaimana Mitch mengeluarkan ribuan dokumen dari dalam biro hukum dengan pengawasan ketat dari lantai lima?

Mafia macam Morolto menggunakan pengacara di dalam biro hukum Bendini, Lamber dan Locke untu menutupi kejahatan penggelapan pajak, melakukan money laundering dari hasil kejahatan, merupakan cara efektif bagi penjahat. Sebab pengacara punya semacam hak imunitas soal “menjaga rahasia klien”.

Meski The Firm cerita fiktif, alur ceritanya relevan dengan, saya jadi teringat istilah Gatekeeper dalam buku Memahami Asset Recovery & Gatekeeper karya Paku Utama. Menurut Mc Namara, pengacara sering memanfaatkan kerahasiaan yang diberikan berdasarkan aturan kerahasiaan seperti antara pengacara dank lien sebagai alat dalam skema pencucian uang.

Gatekeeper

Gatekeeper mencakup pengacara, notaris, trust dan penyedia jasa perusahaan (company services provider), agen real estate, akuntan, auditor dan usaha dan profesi non keuangan tertentu lainnya yang membantu dalan transaksi yang melibatkan pergerakan uang dalam system keuangan domestic dan internasional.

Profesi-profesi tersebut menjadi melanggar hukum sebagai gatekeeper apabila digunakan sebagai sarana untuk melakukan tindak pidana seperti pencucian uang. Lantas di mana dan kapan gatekeeper menjadi terlibat dalam skema pencucian uang?