Dari Atas Langit: Hutan Ditebang

by Madeali


image

Foto dari atas pesawat. Satu lokasi kebun sawit di Riau

Saat hendak mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasih Riau pada 18 Mei 2016, saya memotret bentang alam dari atas langit Riau. Salah satu yang saya lihat: alat berat sedang melakukan land clearing alias menebang hutan dalam skala besar lebih dari satu hektar. Sisi kiri dan kanan hutan alam tersisa segera akan ditebang. Saya tak tahu persis lokasi dalam foto, sebab ponsel saya tanpa GPS.

Saya duga tim satgas pencegahan dan penanganan karhutla bentukan Plt Gubernur Riau tidak melihat land clearing tersebut, lantaran tak ada titik api di dalam areal yang sedang di land clearing.

Itu salah satu kelemahan tim satgas, tak bisa menjangkau perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan di Riau: memperluas ruang kelola rakyat dengan cara mengurangi atau mencabut izin korporasi HTI dan Sawit yang memonopoli hutan dan lahan dan dapat izin dengan cara korupsi, merampas hutan tanah rakyat, merusak hutan dan lingkungan hidup dan kejahatan lainnya.

Padahal sederhana saja, tak perlu menghamburkan uang rakyat untuk padamkan api saat karhutla terjadi, di tengah Riau dilanda hujan dan hotspot berkurang, segera perbaiki tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan Riau.

Apalagi BMKG Riau kembali merilis kemarau panjang terjadi di Juni hingga Oktober 2016. #