Sang Partner

by Madeali


—Penggelapan merupakan hal lazim di biro hukum manapun.

Di Bab sembilan belas saya baru menemukan jawaban setelah 18 bab penuh adegan penangkapan, penyiksaan hingga intimidasi.

the partners

Benny Aricia pindah ke Coast pada 1985 sebagai eksekutif Platt & Rockland Industries, konglomerat raksasa yang selama dua tahun mnegirimnya ke seluruh penjuru dunia sebagai pencari dan pemecah masalah perusahaan. Salah satu devisi yang paling menguntungkan perusahaan itu adalah New Coastal Shipyard di Pascagoula, di antara Biloxi dan Mobile. Pada 1985, New Coastal memperoleh kontrak senilai 12 miliar dolar dari Angkatan Laut untuk membangun empat kapal selam nuklir Kelas Ekspedisi. 

Platt & Rockland Industries adalah perusahaan publik dengan modal pemegang saham senilai 21 miliar dolar, 80.000 ribu pegawai pada 36 devisi di 130 negara. Perusahaan ini mengecerkan peralatan kantor, memotong kayu, membuat ribuan produk konsumen, menjual asuransi, mengelola pengeboran gas alam, mengangkut kargo dalam peti kemas, menambang tembaga, dan salah satu diantara berbagai usaha itu adalah membangun kapal selam nuklir. Konglomerat ini terdiri atas perusahaan-perusahaan terdesentralisasi yang simpang siur, dan sebagai aturan, tangan kiri jarang yang mengetahui apa yang dilakukan tangan kanan. Namun, berhasil meraup laba yang besar luar biasa.

Parner pesawat

Meski lelah, karena seru dan teka teki mencari jawaban saya membaca The Partner. @Yofika Pratiwi mengambil foto ini, saya tak sadar saat ia ambil foto.

Benny tak suka mengadakan kontrak dengan pemerintah, membenci birokrasi berbelit, para birokrat, dan kepongahan Pentagon. Benny menginginkan kedudukan puncak di perusahaan itu.

Pada 1989, tersiar desas-desus gawat tentang membengkaknya biaya dalam proyek pembangunan ekspedisi empat kapal selam nuklir. Pembangunan dihentikan, auditor pemerintah dan orang-orang Pentagon turun ke New Coastal Shipyard. Benny berada dalam posisi sulit, akhir riwayatnya sudah dekat.

Sebagai kontraktor pertahanan, Platt & Rockland Industries punya sejarah panjang tentang membengkaknya biaya, kelebihan tagihan, dan klaim palsu. Ini salah satu cara menjalankan bisnis, dan saat ditemukan, biasanya perusahaan memecat semua orang di dekat Pentagon untuk mendapatkan sedikit pembayaran kembali.

Benny menolak jadi korban. Benny mempelajari False Claims Act—UU klaim palsu atau juga dikenal sebagai Whistle-Blower Law—UU pelapor pelaku pelanggaran, dirancang oleh kongres untuk mendorong mereka yang tahu mengenai penyelewenangan tagihan berlebih pada kontrak pemerintah untuk maju melapor. Menurut UU itu si pengadu bisa menerima lima belas persen dari seluruh jumlah yang dibayarkan kembali kepada pemerintah oleh perusahaan yang melakukan pelanggaran.

Benny punya dokumen-dokumen untuk membuktikan rencana curang Platt & Rockland Industries. Ia butuh keahlian dan kekuatan pengacara untuk menarik lima belas persen itu. Benny mendatangi pengacara setempat Charles Bogan. Benny tahu sepupu Bogan seorang senator AS dari Mississipi. Sang senator adalah elang fanatik yang mengetuai subkomite pemberian dana militer dan sangat dicintai oleh angkatan bersenjata. Mentor pengacara Bogan sekarang seorang hakim federal, dan karena itu biro hukum kecil ini secara politis punya koneksi hebat di Mississipi.

Benny menyatakan bisa membuktikan rencana curang Platt & Rockland Industries untuk melebihkan tagihannya kepada pemerintah sebesar 600 juta dolar dalam proyek kapal selam ekspedisi. Perusahaan itu melakukan menagihkan barang yang sama dan membuat bon kosong. Praktek ini berurat-berakar di Platt & Rockland Industries, sehingga hanya dua manajer tinggi yang tahu.

Benny dan para pengacara pada September 1990 mengajukan gugatan ke pengadilan federal. Gugatan itu menyatakan adanya klaim palsu sebesar 600 juta dolar ditagihkan pleh Platt & Rockland Industries kepada pemerintah. Benny mengundurkan diri jabatannya pada hari gugatan itu dimasukkan. Platt & Rockland Industries terkepung publisitas mengerikan. Kekayaan perusahaan terancam, pemegang sahamnya marah. Selusin manajer di New Coastal Shipyard dipecat. Setahun menemui jalan buntu bernegosiasi dengan hakim agung, Platt & Rockland Industries setuju membayar 600 juta dolar, dan tidak akan berbuat curang lagi. Karena dua dari kapal selam itu sudah setengah jadi, Pentagon setuju untuk tidak mencabut kontraknya. Jadi, Platt & Rockland Industries bisa menyelesaikan apa yang direncanakan sebagai proyek bernilai 12 miliar dolar, tapi sekarang membengkak jadi 20 miliar.

Benny siap menerima rezekinya. Bogan dan partner-partner lain di biro hukum itu siap membelanjakan jatah mereka. Imbalan untuk Bogan ternyata tidak murah, demikian pula untuk senator. Imbalan untuk biro hukum itu sesuai standar, sepertiga jumlah keseluruhan sekitar 30 juta dolar. Kemudian, salah satu partner dalam biro itu, Patrick Lanigan menghilang, diikuti oleh uang mereka senilai 90 juga dollar.

Perburuan selama empat tahunpun dimulai. Benny Aricia menyewa Jack Stephano detektif swasta untuk menemukan Lanigan.

Kisah tentang pengacara Amerika yang memalsukan kematian, menyaksikan pemakamannya, mencuri 90 juta dolar dari biro hukumnya, dan tertangkap tangan empat tahun sesudahnya ketika hidup menyepi di Brasil.

Danilo Silva alias Lanigan berhasil ditangkap oleh orang bayaran Stephano di kota indah di Brasil. Ia disiksa untuk buka mulut perihal 90 juta dolar. Lalu, Leah Pires pacar Danilo di Brazil menelepon FBI yang empat tahun menemui jalan buntu melacak Danilo. FBI menelepon Stephano untuk menyerahkan Danilo.

Kurang dari 24 jam Patrick alias Danilo telah didakwa melakukan pembunuhan terencana, digugat cerai istrinya, digugat sebesar 90 juta dolar oleh Aricia ditambah ganti rugi, gugatan sebesar 30 juta dolar oleh rekan-rekannya di biro hukumnya dulu ditambah ganti rugi, dan digugat 4 juta dolar oleh Monarch-Sierra Insurance ditambah 10 juta lagi sebagai ganti rugi.

Namn, Patrick berhasil lepas dari pidana pembunuhan berencana dan gugatan menyelewengkan dana 90 juta dolar. Apa bukti kuat Patrrick? Mengapa empat tahun kemudian Patrick membongkar kejahatan Benny Garcia—yang awalnya Benny membongkar kejahatan di Platt & Rockland Industrie sebagai Wistle Blower?

Patrick pelan-pelan membongkar dan menceritakan bagaimana ia mendapatkan bukti dokumen dan bukti pembicaraan Bogan dan Alicia terkait rencana keuntungan 90 juga dolar salah satunya jatah untuk senator.

Teka-teki bagaimana Danilo dapatkan bukti juga dan mencuri 90 juta dolar juga jadi pertanyaan FBI, Jaksa, hakim hingga media serta masyarakat di Mississipi. Cerita-cerita itu tidak langsung diceritakan oleh John Grisham dalam satu bab, tapi terpecah pecah di antara empat puluh tiga Bab.

“Transaksi yang menghasilkan uang 90 juta dolar sangat rahasia, dan tak seorangpun, kecuali klien saya, pengacara-pengacaranya dan sejumlah orang kecil di Departemen Kehakiman, tahu tepat kapan dan kemana uang itu ditransfer,” kata Jack Stephano dihadapat investigator FBI. Saat ia diancam akan dijebloskan ke penjara setelah Patrick via pengacaranya membongkar bahwa FBI dengan menggunakan detektif swasta telah menganiayanya hingga kulitnya terkelupas dengan setrum.

Sedikit demi sedikit Patrick membongkar semua mengapa dia sakit hati pada partner biro hukum Bogan.

“Kemudian aku mendapat informasi tentang Mr Benny Alicia, serta perang kecilnya melawan Pentagon dan Platt & Rockland Industries. Bogan terus menyembunyikannya. Aku menggali lebih dalam dan tahu ternyata Vitrano, Rapley dan Havarac terlibat. Semua partner kecuali aku. Mereka berubah Karl, semuanya. Mereka jadi suka menyimpan rahasia da berbelit-belit. Memang aku orang baru, tapi aku toh partner juga. Dengan suara bulat mereka sudah mengangkatku sebagai partner penuh, dan dua bulan kemudian mereka menghindariku sementara mereka bersekongkol dengan Aricia. Sekonyong-konyong, akulah yang harus bepergian kemana-mana, yang tentunya baik bagi semua pihak. Para partner bisa bertemu dengan Aricia tanpa perlu sembunyi. Mereka mengirimku ke segala tempat, dan itu tak jadi soal bagiku, karena aku sedang menyusun rencana,” kata Lanigan pada teman baiknya Hakim Karl di rumah sakit.

Frasa “Penggelapan merupakan hal lazim di biro hukum manapun” saya temukan di halaman 79. Saya kira ini inti yang hendak disampaikan oleh John Grisham.

Hukum False Claims Act dipakai oleh Benny Garcia untuk mengeruk keuntungan setelah melakukan penggelapan di dalam Platt & Rockland Industries karena sakit hati pada atasannya dan lawan-lawannya di dalam perusahaan karena permintaanya pada 1988 untuk pindah ditolak. Ia orang dalam. Ia tahu semua kejahatan yang dilakukan petinggi Platt & Rockland Industries.

Biro Hukum Bogan bersama empat partener lainnya termasuk Patrick juga melakukan penggelapan dengan menggunakan koneksi Bogan dan senatornya untuk mengajukan gugatan terhadap Platt & Rockland Industries.

Patrick Lanigan juga melakukan penggelapan 90 juta dolar milik Benny Garcia dengan cara yang tidak terpikirkan oleh pembaca sedari awal.

Penggelapan lainnya, istri Patrick, Trudy juga melakukan penggelapan dengan cara menipu Patrick dan berselingkuh dengan bekas pacarnya dan mempunyai anak, yang setahun kemudia Patrick menyadari itu bukan anaknya. Trudy mendapat uang setelah Partrick meninggal.

Patrick menyadari itu semua. Ia merencanakan aksi ditangkap oleh Stephano dan FBI. Tapi Patrcik Lanigan alias Danilo Silva, lupa satu hal, ia jatuh cinta dengan seseorang di Brasil selama empat tahun hidup bersama. Patrcik sangat percaya dengan kekasih dan kehidupan barunya.

Setelah bebas dari pidana dan gugatan, Patrick Lanigan terbang ke tempat ia dan kekasihnya pernah berkeliaran menjadi sepasang kekasih, kota mode dan keindahan kotanya. Ia menunggu di hotel selama tiga hari: dan siap dengan kehidupan barunya sebagai Danilo. Namun, lagi-lagi cinta saja tidak cukup, penggelapan lagi-lagi menimpanya.

Saya senang John Grisham menampilkan dan membuat kira berpikir tentang kejahatan kerah putih berkolaborasi dengan biro hukum pengacara menghasilkan kejahatan.  Siapa yang sesungguhnya jahat dalam the partner?

Iklan